JAGA MATA ANDA KETIKA MENGGUNAKAN GADGET

JAGA MATA ANDA KETIKA MENGGUNAKAN GADGET – Anda tentu tidak ingin bukan aktivitas Anda terganggu ketika bekerja di depan layar komputer? Ya. Salah satu gangguan tersebut adalah mata yang terasa perih karena terlalu lama menatap layar gadget ataupun computer. Untuk itu, Anda perlu melakukan pencegahan agar mata Anda tetap sehat dan tidak mengganggu pekerjaan Anda. Lalu, pencegahan apakah yang pas untuk dilakukan?

1. SERING BERKEDIP

Hal pertama untuk melindungi mata dari kerusakan akibat menggunakan gadget yaitu dengan cara sering berkedip. Rata- rata setiap orang lupa berkedip pada saat fokus terhadap suatu hal yang ditampilkan pada layar gadget. Pastinya hal ini dapat menimbulkan mata kering dan memerah karena kelembapan di dekat mata menurun. Oleh karena itu selalu usahakan untuk berkedip secara teratur saat menggunakan gadget, meskipun Anda sedang melihat sesuatu yang sangat penting sekalipun.

2. PERHATIKAN JARAK PANDANG MATA

Langkat berikutnya agar mata tidak rusak akibat menggunakan gadget terlalu lama yaitu dengan cara memperhatikan jarak pandang mata terhadap gadget. Usahakan senantiasa untuk memandang layar gadget dengan jarak dekat 30 sampai 40 centimeter dari mata.

3. PERBESAR UKURAN TEKS

Melihat ukuran teks yang begitu kecil secara otomatis dapat membuat wajah mendekati layar gadget. Sehingga nantinya akan menimbulkan mata cepat lelah. Untuk meminimalisir akan perihal ini, kalian dapat memperbesar ukuran teks agar nantinya lebih mudah dibaca dan mata kalian tidak cepat lelah tentunya.

4. ATUR TINGKAT KECERAHAN

Kadar kecerahan pada gadget pun turut mempengaruhi kesehatan matamu. Tingkat kecerahan dan kontras yang terlalu tinggi atau terlalu rendah disinyalir dapat membahayakan kesehatan mata. Usahakan untuk selalu mengatur tingkat kecerahan layar gadgetmu agar matimu merasa nyaman saat menatap layar. Atau kamupun dapat menambahkan pelindung layar anti silau yang mampu mengurangi jumlah cahaya yang masuk kedalam mata.

5. SESUAIKAN PENCAHAYAAN DALAM RUANGAN

Pencahayaan dalam ruangan juga perlu kamu sesuaikan dengan kondisi pencahayaan pada layar gadget. Ruangan yang memiliki cahaya redup atau juga terlalu terang tentunya akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

6. GUNAKAN RUMUS 20-20-20

Perlu kamu ketahui bahwa mata manusia memiliki otot yang dapat membantunya bergerak serta fokus terhadap objek yang berbeda, tetapi tidak diciptakan untuk menatap layar gadget selama berjam – jam dalam satu waktu. Apabila demikian tentunya akan membuat otot – otot mata menjadi kaku.

Maka dari itu, setiap pengguna gadget sebaiknya menerapkan aturan 20-20-20, yang artinya setiap 20 menit menatap layar pada gadget, cobalah untuk meluangkan waktu selama 20 detik guna melihat objek yang memiliki jarak sekitar 20 kali atau 6 meter.

7. SELALU JAGA KEBERSIHAN LAYAR GADGET

Disarankan untuk secara rutin membersihkan layar gadget dengan menggunakan kain yang memiliki tekstur lembut. Hal ini perlu kamu lakukan agar layar terhindar dari segala noda, debu, kotoran, serta sidik jari yang mengganggu penglihatan.

8. ISTIRAHATKAN MATA SECARA BERKALA

Cobalah untuk selalu mengistirahatkan mata setelah menggunakan gadget dalam jangka waktu yang cukup lama. Kamu bisa mencoba meluangkan waktu sejenak dengan memejamkan mata atau dengan memijat area disekitar mata agar aliran darah pada titik tersebut menjadi lancar, dan tentunya mata akan menjadi segar kembali.

9. IMBANGI DENGAN POLA MAKAN SEHAT

Mengimbangi dengan pola makan yang sehat merupakan langkah terakhir untuk menjaga mata dari kerusakan akibat memakai gadget terlalu lama. Sebaiknya selalu makan makanan yang mengandung vitamin C, A, serta Omega 3 agar kesehatan mata tetap terjaga.

Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *